Semakin baik
kualitas data BPS dan data yang dirilis pun tepat waktu/ up to date menunjukan bahwa semakin baik pula kualitas pelayanan
BPS kepada stake holder maupun pengguna data yang datang langsung ke
PST BPS Provinsi Maluku maupun melalui surat, email, website, telepon bahkan whatsapp. Saat ini terjadi perubahan
besar untuk mendapatkan data BPS dengan canggihnya teknologi yang sudah
merasuki kehidupan masyarakat, itulah mengapa jumlah pengunjung yang datang
langsung ke PST pun menurun drastis akan tetapi jumlah pengunjung website meningkat siginifikan.
Pembenahan terus
dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan, sehingga diperlukan evaluasi
mendalam melalui survei yang akan dilaksanakan mulai Maret 2018 hingga Mei 2018
yaitu Survei Kebutuhan Data (SKD), survei ini dibagi atas 2 (dua) jenis
responden, yakni respon SKD-P dan SKD-D, pada tahun 2017 kuesioner responden
SKD-P dan SKD-D dibedakan, tetapi tahun 2018 hanya satu jenis kuesioner saja
yaitu VKD-2018. Sebelum pelaksanaan pencacahan BPS Provinsi Maluku melaksanakan
briefing SKD 2018 yang bertujuan
untuk memberikan pemahaman kepada petugas tentang konsep dan metodologi SKD
sehingga hasil dari survey ini dapat dimanfaatkan untuk perbaikan dan
peningkatan layanan PST, briefing SKD
2018 dilaksanakan pada hari Rabu 28 Februari 2018 bertempat di ruangan video conference (vicon) yang dibuka
secara resmi oleh Ka. BPS Provinsi Maluku Drs. Dumangar Hutauruk, M.Si dihadiri
oleh Ibu Kabid IPDS, Kasie DLS, Kasie JRS, Kasubag Umum, Kasubag Binagram serta
staf IPDS, subbag. Umum dan Binagram, dalam arahannya Pak Pimpinan menyampaikan
pentingnya survey ini sebagai bahan evaluasi untuk lebih meningkatkan kualitas
layanan data BPS Provinsi Maluku. Kualitas pun terpancar dari apa yang
disampaikan pemateri yaitu kasie DLS yang dikenal sangat ramah dan humoris
dalam memberikan materi dan menjawab pertanyaan –pertanyaan dari petugas. Semoga
pelaksanaan SKD 2018 di Maluku dapat mencapai target yang diberikan oleh BPS RI
yakni untuk SKD-P sebanyak 130 responden dan SKD-D sebanyak 40 responden mulai dari
Maret-Mei 2018 dan tentu hasilnya juga berkualitas sehingga dapat dimanfaatkan
untuk perbaikan dan kualitas layanan BPS.