Prognosa neraca pangan, menjaga pasokan dan harga pangan maluku - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku

Publikasi Provinsi Maluku Dalam Angka 2024 dapat diunduh disini 

Prognosa neraca pangan, menjaga pasokan dan harga pangan maluku

Prognosa neraca pangan, menjaga pasokan dan harga pangan maluku

26 Juni 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


#SahabatData - [Ambon, 26/06]. Rapat Koordinasi Penyusunan Prognosa Neraca Pangan Tahun 2024 Provinsi Maluku yang diadakan di Hotel Manise Ambon berlangsung secara hybrid melalui zoom oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku. Berbagai pemangku kepentingan dari kementerian, lembaga terkait, dan pemerintah daerah hadir untuk membahas kondisi ketahanan pangan seluruh kabupaten/kota di Maluku.
Topik utama dalam rapat adalah tantangan yang dihadapi dalam menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan di Maluku. Faktor-faktor seperti perubahan iklim, disrupsi rantai pasokan, dan penurunan produksi menjadi sorotan utama. Hal ini dikhawatirkan dapat berakibat pada fluktuasi harga pangan dan mengganggu akses masyarakat terhadap pangan yang berkualitas. Dilanjutkan dengan penyusunan prognosa neraca pangan masing-masing kabupaten/kota.
Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi Maluku, Yusuf Tatar Mangaraksa, turut hadir sebagai narasumber menyampaikan data-data terbaru yang dikumpulkan oleh BPS terkait ketahanan pangan, antara lain : produksi, luas panen beserta data terkait 13 pangan pokok di Provinsi Maluku.
Diharapkan peran BPS dapat menyelesaikan masalah utama dalam penyusunan prognosa neraca pangan yakni ketersediaan data disertai dengan langkah-langkah yang terarah dan konsisten sehingga Maluku dapat mewujudkan ketahanan pangan yang kuat dan mandiri di tengah berbagai tantangan global.

#malukubpsgoid
#centerofexcellence
#ketahananpangan
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi MalukuJl. Wolter Monginsidi – Passo

Ambon 97232

Telp : (0911) 361320 Email : bps8100@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik