KOLABORASI: KUNCI PEREKONOMIAN MALUKU MAJU - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku

Publikasi Provinsi Maluku Dalam Angka 2024 dapat diunduh disini 

KOLABORASI: KUNCI PEREKONOMIAN MALUKU MAJU

KOLABORASI: KUNCI PEREKONOMIAN MALUKU MAJU

16 November 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Ambon, 16/11/2023 – Bertempat di Hotel Manise Ambon, Kepala BPS Provinsi Maluku, Maritje Pattiwaellapia SE, M.Si, membuka secara resmi Workshop Rebasing PDRB Berbasis CVM (Chained Volume Measure) dan Penghitungan PDRB Triwulanan Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Tahun 2023. Hadir selaku narasumber yaitu Dr. Anton Lailosa ST, M.Si., dan Dr. Fahrudin Ramly, M.Si. dengan materi yang berfokus kepada pemanfaatan PDRB serta Mohamad Arif Kurniawan, SST., MT. yang mengusung materi mengenai rebasing PDB/PDRB berbasis CVM.

Dalam sambutannya, Maritje mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu Indikator Strategis Nasional yang dihasilkan BPS. Beliau juga menekankan pentingnya berkolaborasi bersama dalam konteks meningkatkan pertumbuhan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat dan data yang berkualitas merupakan kunci untuk memahami pergerakan ekonomi, mengidentifikasi potensi dan masalah, serta merancang kebijakan yang efektif.

“Merupakan tantangan yang sangat berat bagi BPS, dikarenakan data pendukung yang dibutuhkan sangat banyak dan waktu penghitungan yang sangat cepat. Sehingga ini bukan hanya kerjaan atau tanggungjawab BPS semata, melainkan ini membutuhkan perhatian dan bantuan, kolaborasi serta kerjasama dari semua pihak penyedia data, dalam menyediakan data untuk penghitungan PDRB” ungkap Kepala BPS Provinsi Maluku tersebut.

Melalui kegiatan Workshop Rebasing PDRB Berbasis CVM (Chained Volume Measure) dan Penghitungan PDRB Triwulanan Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Tahun 2023, diharapkan dapat menjadi wahana yang efektif dalam membangun kolaborasi bersama untuk data berkualitas.

#malukubpsgoid
#CenterofExcellence
#SatuDataIndonesia
#SuksesPLKUMKM
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi MalukuJl. Wolter Monginsidi – Passo

Ambon 97232

Telp : (0911) 361320 Email : bps8100@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik